Calendar August 11, 2017 11:30

Twitter Twitter

Calendar August 8, 2017 20:43

Twitter Twitter

Calendar August 3, 2017 12:16

Twitter Twitter

Cara Merawat Kulit Kombinasi Dan Berminyak

Ada 4 jenis kulit individu yang kita kenal, yaitu kulit kering, kulit berminyak, kombinasi dan normal. Klasifikasinya terbagi atas jumlah minyak atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar sebacea di bawah permukaan kulit.

Walaupun begitu, jenis kulit tersebut tidaklah bersifat tetap, karena dapat saja bervariasi oleh banyak faktor. Misalnya akibat perubahan cuaca, usia, stres, pemakaian produk perawatan, cuaca, serta keseimbangan hormon. Perubahannya memang tidak seketika, namun bisa saja berubah secara gradual dalam waktu 1 bulan, setahun, atau pada kondisi-kondisi yang disebutkan di atas,

Pada kesempatan ini akan dibahas 2 jenis kulit yang saling berdekatan karena mempunyai beberapa kesamaan, dan hanya sedikit perbedaan pada aplikasi perawatan kulitnya. Jenis kulit tersebut adalah tipe kombinasi dan berminyak. Silahkan untuk membaca cara merawat kulit di setiap usia agar lebih jelas.

 

Jenis Kulit Kombinasi

Kulit kombinasi memiliki karakter yang unik, karena masing-masing posisi dari wajah mempunyai karakter, dan cara ingin diperlakukan yang berbeda. Yang satu ingin diperlakukan A, sedangkan yang lain ingin dirawat dengan cara sebaliknya. Sehingga yang harus dilakukan adalah memberi keseimbangan antara 2 keinginan yang berbeda tersebut. Kulit kombinasi bisa merupakan antara kulit kering dan berminyak, atau juga kulit normal dan berminyak. Bila Anda sudah mengenali tipe kulit kombinasi yang Anda punya, maka cara perawatannya sudah bisa dimulai. Baca artikel lebih lengkap di perawatan 2 jenis kulit.

Penyebab dasar jenis kulit kombinasi

  1. Kondisi cuaca dan iklim
    Faktor lingkungan tersebut dapat memperburuk kulit kombinasi. Dimana ketika cuaca dingin akan dapat mengikis kelembaban kulit sehingga membuatnya menjadi kering serta bersisik. Sedangkan saat cuaca panas akan merangsang produksi minyak sehingga membuat kita terasa lebih berminyak.
  2. Instabilitas hormon.
    Aktifitas hormon adalah satu alasan utama kenapa seseorang dapat memilki jenis kombinasi. Setiap aktivitas hormon di dalam tubuh akan mengakibatkan kulit menjadi lebih berminyak. Namun juga pada saat bersamaan menjadi kering pada area kulit lainnya. Akibat dari instabilitas hormon tersebut maka di zona T akan didapati kulit yang sangat berminyak, dan kemungkinan yang lebih besar dalam memiliki jerawat. Aktifitas hormon yang volatile ini pada umumnya terjadi pada usia remaja, serta wanita hamil dan menjelang menstruasi. Walau begitu, aktivitas hormon tersebut akan lebih terkendali ketika usia beranjak lebih dewasa. Dan produksi hormon ini ternyata dapat juga dipengaruhi oleh jenis makanan tertentu. Baca pengaruh makanan kepada produksi hormon.
  3. Komposisi lipid. Jenis dari protein ini akan menentukan kondisi dan tone kulit. Ini alasan kulit akan lebih berminyak di zona tertentu, namu kering di zona lainnya.

Ciri dari kulit kombinasi pada zona T adalah :

  • Pori-pori yang terlihat lebih besar dari biasanya, karena lebih terbuka
  • Memiliki komedo dan jerawat
  • Kulit mengkilap

Ikutilah beberapa tips di link supaya bebas berjerawat walaupun memiliki daerah tertentu yang lebih berminyak.

Cara Merawat Kulit Kombinasi

1. Memakai sabun khusus.
Jenis kulit ini tidak bisa menggunakan sabun untuk kulit kering atau hanya untuk jenis berminyak saja. Anda harus memakai sabun perawatan yang tidak membuat kulit yang kering menjadi lebih kering, dan tidak membuat lebih berminyak pada zona T. Hindari sabun yang akan mengiritasi kulit, karena daerah yang kering memang lebih sensitif terhadap bahan-bahan iritan (seperti mengandung parfum, minyak bumi, dan detergen). Demikian juga dengan bahan cleanser, agar memilih yang lembut serta dari jenis non-comedogenic. MManfaat cleanser adalah untuk menghapus sisa makeup, debu dan kotoran yang menempel selama beraktifitas di siang hari.
2. Lakukan perawatan kulit rutin.
Lakukan perawatan harian dengan metoda Cleansing, Toning dan Moisturizing. Cara perawatan tersebut akan membantu mencerahkan kulit anda serta bisa mencegah masalah kulit.
3. Khusus di daerah T, gunakanlah toner.
Toner mempunyai manfaat untuk mempercepat perubahan tone kulit agar lebih cerah, mengecilkan pori-pori, menghapus sisa makeup, serta membersihkan kelebihan minyak pada daerah T. Namun harus Anda perhatikan bahan dari toner yang hendak dipakai. Karena toner yang mengandung alkohol bisa membuat daerah kulit yang kering akan mengalami iritasi dan menjadi lebih kering. Toner adalah suatu keharusan dalam rejimen perawatan semua jenis kulit, terutama bagi orang yang memiliki kulit kombinasi cenderung berminyak. Toner dapat menyeimbangkan kulit dengan menghapus sisa pembersih anda dan membantu dalam merapatkan pori-pori terbuka.
4. Memakai krim siang.
Gunakanlah krim siang lebih sering di daerah kering, dibandingkan pada daerah yang lebih berminyak.
5. Memakai tabir surya.
Tabir surya adalah sebuah keharusan pada setiap jenis kulit apapun. Selain dapat melembabkan, manfaat tabir surya juga akan melindungi kulit dari serbuan ultraviolet di siang hari.
6. Memakai krim malam.
Krim malam sangat penting untuk digunakan, walaupun untuk zona T. Krim malam akan memberi nutrisi yang diperlukan kulit bagi peremajaan.
7. Lakukan eksfoliasi.
Pengelupasan bukan hanya diperlukan saat Anda memiliki komedo, atau jerawat saja, Tapi manfaat utamanya adalah untuk menyingkirkan sel-sel kulit yang telah mati, mengurangi kelebihan minyak, serta merangsang sirkulasi darah.


Jenis Kulit Berminyak

Jenis kulit berminyak memiliki ciri sebagai berikut :

  1. Pori-pori yang terlihat jelas.
  2. Kulit mudah berjerawat, berkomedo, kusam dan mengkilap.
  3. Kulit terasa lengket.
  4. Riasan lekas luntur.


Penyebab Kulit Berminyak
Usia remaja mempunya keseimbangan hormon yang fluktuatif. Namun kadar hormon ini bisa juga terjadi walau telah melewati pubertas. Faktor-faktor yang menjadi penyebab lainnya adalah faktor keturunan, cuaca, masa menstruasi, cara merawat kulit yang tidak tepat, stres serta kondisi emosional.

Memiliki kulit berminyak tidak selamanya tak menguntungkan. Karena kelebihan dari jenis kulit berminyak adalah bisa memiliki elastisitas kulit yang lebih baik. sehingga bisa terhindar dari penuaan dini, serta mudah saja memakai riasan. Minyak di permukaan wajah juga bermanfaat untuk memelihara kadar lembab, sehingga terhindar dari kulit kusam dan kering. Namun bila minyak diproduksi terlalu banyak maka kelebihan minyak tersebut akan menjadi sumbatan di pori-pori yang bercampur dengan kotoran dan bakteri, serta menyebabkan wajah berminyak terlihat mengkilap. Dari sana lah juga masalah komedo dan jerawat kemudian muncul.


Cara Merawat Kulit Berminyak

  • Mencuci wajah secara rutin, minimal pagi dan malam, namun tidak lebih dari 4x dalam sehari.
  • Gunakan susu pembersih dari bahan yang lembut.
  • Memakai produk perawatan dan kosmetik dari jenis non-comedogenic. Non-comedogenik akan meminimalkan tersumbatnya pori-pori.
  • Toner adalah wajib, dan dipakai ke seluruh muka tidak hanya di bagian T saja.
  • Bila kulit terasa gatal saat memakai susu pembersih, maka Anda harus menggantinya dengan peeling scrub.
  • Tidak lupa juga memakai tabir surya di setiap kesempatan. Dan cara menggunakan sunblock harus sesuai dengan petunjuk yang tertera di label.
  • Melakukan pengelupasan dengan bahan arbutin atau retinol. Manfaat lain dari bahan eksfoliator tersebut adalah untuk mengurangi minyak, dan mengendalikan produksi minyak.


Kalau Anda perhatikan, di samping memiliki perbedaan antara 2 jenis kulit tersebut, namun juga memiliki kesamaan dalam cara perawatannya. Yaitu :

  • Membutuhkan toner.
  • Memakai tabir surya spektrum luas di setiap kesempatan agar terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung.
  • Tetap memakai pelembab. Memakai pelembab sangatlah penting, sekalipun kulit Anda sangat berminyak.

 

Posted August 3, 2017 12:16

Calendar July 27, 2017 10:50

Twitter Twitter

Calendar July 25, 2017 02:58

Twitter Twitter

Calendar July 25, 2017 00:37

Twitter Twitter

Calendar July 24, 2017 03:32

Problem kulit di usia paska 30 tahun

Problem kulit di usia paska 30 tahun yang paling banyak ditemukan pada wanita adalah kulit yang kering, keriuput dan kerutan halus, melasma, flek hitam atau hiperpihmentasi lainnya (misal bekas jerawat), kulit yang sangat kusam sehingga terlihat kucel, sedikit jerawat atau komedo, serta kombinasi dari masalah-masalah tersebut tadi.

Tapi dengan keluangan dan kesempatan yang ada, pasti Anda bisa menyempatkan diri untuk melakukan perawatan di dokter kulit atau klinik skincare, bukan ?
Memang menyenangkan bila kulit kita dirawat oleh tangan-tangan yang ahli. Namun tentunya membutuhkan biaya tambahan dibanding perawatan sendiri di rumah.

Masing-masing memang memiliki kelebihan dan kekurangannya. Sehingga tergantung mana yang lebih memungkinkan untuk dilakukan. Misalkan bila Anda hanya memiliki waktu sedikit, dan lebih suka merawat sendiri dengan bahan-bahan yang dibeli dari klinik, maka Anda akan memilih perawatan di rumah. Biayanya akan lebih terjangkau dibandingkan harus bolak-balik ke klinik.

Perawatan kulit di rumah sebetulnya mudah, apalagi bila mendapat bimbingan dan konsultasi dari ahlinya. Asalkan masalah kulit Anda sudah terdefinisi, dan dicarikan solusinya, maka Anda bisa melakukannya sendiri. Terutama bagi kulit yang sangat sensitif, sehingga membutuhkan advise di setiap perkembangan proses perawatan.

Misalkan dalam kondisi kulit yang sensitif, berjerawat dan mempunyai flek serta kusam, mana yang harus terlebih dahulu diobati ?

Karena tidak mungkin Anda mengobati kondisi kulit muka yang ditumbuhi jerawat saat kulit anda terlalu sensitif. Maksud dari kulit sensitif adalah bila kulit Anda tidak bisa dapat memberikan toleransi terhadap benda (krim, kosmetik) yang dipakai ke wajah. Bahkan tidak tahan dengan sabun normal sekalipun.

Dalam situasi rumit seperti ini, biasanya kami melakukan penguatan terhadap pertahanan kulit, yaitu dengan memberikan antioksidan dan serum vitamin C (dan minum suplemen vitamin C). Tujuannya adalah supaya kulit Anda bisa lebih tahan serta toleran terhadap bahan-bahan pengobatan yang akan diberikan.

Vitamin C berdosis tinggi dan serum vitamin C yang dilengkapi agen antioksidan akan membentuk sistem kekebalan kulit, sekaligus melindungi kulit Anda terhadap serangan radikal bebas.
Biasanya setelah terapi rutin dalam 2-4 minggu, maka proses perawatan jerawat, flek hitam, kusam bisa dimulai secara normal.

Buah-buahan yang mengandung zat antioksidan.

Berbagai jenis buah berry, seperti blueberry, blackberry, serta strawberry adalah buah terbaik untuk melengkapi kebutuhan oksidan tubuh. Anda bisa mendapatkannya dengan memakan buah berry segar ataun dalam minuman jus yang segar.
Anda juga bisa mengkonsumsi buah anggur segar atau yang dikeringkan.
Buah kiwi kaya dengan vitamin A,dan vitamin E yang juga merupakan 2 zat antioksidan.

Solusi Dari Masalah Kulit Usia Dewasa

Masalah Jerawat. Problem jerawat tidak hanya sering ditemukan di usia remaja, namun juga usia dewasa. Produksi dari kelenjar minyak kulit dan penyumbatan oleh kulit mati, dan kotoran dipori-pori adalah yang menjadi sebab utamanya. Apabila bakteri propionibacterium acnes (dari keluarga bakteri corynebacteria) ikut terlibat, maka kulit Anda akan mulai ditumbuhi oleh jerawat. Apabila tidak segera ditangani di usia remaja, maka masalah ini bisa terbawa ke usia dewasa. Bahkan bekasnya berupa jaringan parut akan berada di kulit secara permanen berupa ice-pick ataupun box-scars. Seringkali memang jerawat tidak bisa dihindari, namun tetap bisa ditekan penyebarannya sedini mungkin agar tidak mengundang masalah yang lebih besar. Maka tidak heran apabila 80 persen dari individu pasti pernah didatangi oleh jerawat. Obat jerawat yang benar seharusnya bisa membunuh propionibacterium acnes dan menuntaskan sumber persoalan, yaitu menyingkirkan kulit mati. Inilah yang benar dari sebuah obat jerawat. Disamping itu, eksfolian memberikan manfaat lain untuk mempercepat penyerapan antibakteri ke sumber bakteri jerawat berdiam. Pengetahuan dasar dari perawatan kulit seperti ini penting untuk diketahui, agar Anda bisa tahu cara mengatasi masalah jerawat yang efektif dan benar. Sehingga sebelum Anda mendatangi klinik, maka langkah-langkah pengobatan awal supaya jerawat tidak lebih ganas bisa Anda lakukan sendiri di rumah.

Simak artikel kami : Mengobati Acne Cystic

Hipopigmentasi. Hipopigmentasi adalah terjadinya kekurangan jumlah normal melanin. Hal ini bisa terjadi akibat luka bakar, jerawat, lecet, goresan, infeksi, dan luka-luka yang menyebabkan jaringan parut bisa menyebabkan perubahan warna pada kulit.. Hipopigmentasi bisa jadi sulit untuk diobati. Ada obat topikal yang terkadang membantu, dan tindakan medis berbasis ringan seperti laser excimer, IPL, dan laser Fraxel Restore.
Penyebab lainnya adalah :

  • Vitiligo - ditandai dengan hilangnya warna kulit tambal yang terjadi saat sel kulit yang menghasilkan melanin mati atau menghentikan produksi tanpa alasan yang diketahui.
  • Albinisme - ditandai dengan kulit, rambut, dan mata yang tidak berwarna yang terjadi karena sel kulit menghasilkan sedikit atau tidak melanin
  • Dermatitis seboroik - inflamasi kulit yang ditandai dengan bercak merah, gatal, bersisik serta merah.
  • Infeksi jamur. Ditandai dengan bercak bersisik dan gatal pada kulit yang lebih terang atau merah muda.


Flek Hitam. Flek hitam adalah salah satu bentuk dari hiperpigmentasi. Biasanya kasus yang umum diakibatkan oleh kulityang terpapar oleh sinar matahari. Oleh karena itu sangat penting untuk mengetahui cara memakai tabir surya yang benar. Karena banyak sekali orang yang sudah memakai tabir surya namun ternyata tetap terserang oleh flek hitam. Biasanya diakibatkan oleh ketidaktahuan akan cara pakai yang benar, dan lalai dalam membaca aturan pakai. Yang benar adalah memakai tabir surya secara rutin di setiap 1-2 jam setelah pemakaian sebelumnya. Karena efektifitas tabir surya sangat terbatas oleh waktu, dan terhapusnya krim oleh keringat atau air. Sehingga aplikasi kembali sangat diperlukan.

Hiperpigmentasi adalah sebuah kondisi yang terjadi pada saat terdapat daerah gelap relatif terhadap warna kulit di sekitarnya. Yang paling mengganggu adalah apabila flek hitam terbentuk di bagian wajah karena lebih sulit untuk ditutupi. Untuk hiperpigmentasi di bagian badan, Anda bisa saja memakai pakaian yang menutupinya. Tapi lain halnya bila terjadi di muka. Dan kasus flek hitam ini lebih dominan terjadi pada wanita dewasa dibandingkan pada kulit pria. Obat penghilang flek hitam berupa krim bisa Anda dapatkan di apotik. Tapi saran kami adalah untuk berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter atau ke klinik skincare. Selain dengan krim atau salep, penanganan flek hitam juga bisa dilakukan dengan tindakan medis. Misalnya dengan melakukan mikrodermabrasi, dermabrasi, laser fraxel, dan chemical peels. Begitu juga dengan penanganan noda hitam dari inflamasi. Disarankan agar kulit yang mudah terpapar matahari untuk lebih rutin memakai tabir surya.

Baca juga : perawatan bopeng di wajah

Komedo. Komedo adalah masalah kulit yang paling ringan dibandingan masalah-masalah kulit lain. Tapi tetap saja akan menyebalkan bila ada di wajah Anda, bukan? Cara menghilangkan komedo dan mencegahnya bisa dilakukan dengan perawatan di rumah. Caranya adalah dengan perawatan rutin harian. Anda tidak perlu sampai memikirkan cara menghilangkan komedo selama proses perawatan. Karena begitu isinya sudah lembut, maka isi komedo akan mudah keluar dengan sendirinya atau dengan sedikit dorongan saja. Bila isinya masih keras, maka Anda tidak boleh melakukan ekstraksi komedo terlebih dahulu. Tunggulah hingga isi komedo benar-benar lembut. Dan bilamana perlu Anda bisa meminta bantuan peralatan ekstraksi komedo di salon. Untuk mempercepat pelembutan isi komedo, maka Anda harus memakai bahan eksfoliator ringan atau berat (tergantung kondisi isi komedo). Mengatasi komedo akan lebih efektif bila melalui proses perawatan harian yang sesuai dengan prosedur medis. Bisa dibaca juga di richamor.me.pn.

Saran terbaik kami adalah dengan segera berkonsultasi ke dokter pada saat masalah-masalah di atas Anda alami.

Posted July 24, 2017 03:32

Calendar July 22, 2017 09:34

Twitter Twitter

Calendar July 18, 2017 08:43

Twitter Twitter

Calendar July 16, 2017 21:45

Twitter Twitter

Calendar July 11, 2017 03:47

Twitter Twitter

Calendar July 10, 2017 13:08

Twitter Twitter

Calendar July 10, 2017 08:11

Twitter Twitter

Calendar July 10, 2017 03:07

Twitter Twitter

Calendar July 7, 2017 02:24

Twitter Twitter

Calendar July 2, 2017 20:38

Twitter Twitter

Calendar July 1, 2017 11:39

Twitter Twitter

Calendar June 25, 2017 12:44

Twitter Twitter

Calendar June 25, 2017 12:40

Twitter Twitter